Sabtu, 28 Juli 2012


Gropius Scope of Total Architecture.
Telaah-telaah dalam sejarah kesenian dan arsitektur yang bersifat intelektual dan analitis menjadikan mahasiswa terbiasa dengan kondisi-kondisi dan sebab-sebab yang telah menghasilkan ekspresi-ekspresi visual dari kurun masa yang berbeda yaitu : perubahan dalam filsafat, dalam politik, dan dalam cara-cara produksi yang disebabkan oleh penemuan-penemuan baru. Telaah-telaah demiikian dapat menjelaskan prinsip-prinsip yang ditemukan mahasiswa melalui latihan-latihannya sendiri yang terdahulu.

Charles Jencks, Modern Movements In Architecture
Le Corbusier bertolak dari dwiposisi yang diwakili oleh…. Identitas gandanya (separoh petani Jeanneret, separuh kotawan Le Corbusier)atau bangunan ironisnya (sebagian geometris, sebagian biomorfik) atau pribadi tragisnya (sebagian syaitani, sebagian manusiawi). Bentrokan terakhir ini barang kali yang paling cocok, pasti yang paling penting, karena ia membawa Le Corbusier KEPADA SUATU ANTAGONISME POKOK DENGAN MASYARAKAT YANG SAMA SEKALI TAK DAPAT DIRUKUNKAN.

Reyner Banham , The Architecture of The Well- Tempered Environment
Sejarah arsitektur seperti yang telah ditulis sampai dewasa ini, tidak mempunyai alasan untuk meminta maaf atau memberi ulasan untuk menghilangkan suatu bagian yang tidak mempunyai arti dari segi cara bangunan2 digunakan dan dibayar oleh umat manusia.

Vitruvius “ Keindahan mencakup perpaduan rasional proporsi2 seluruh bagian , sehingga setiap bagian mempunyai ukuran dan bentuk yang benar2 pas. Tak ada satupun yang dapat ditambahkan atau dikurangi.

Tidak ada komentar: